Cara Membuat Kaligrafi Arab dengan Aplikasi Android

Cara Membuat Kaligrafi Arab dengan Aplikasi Android

Cara Membuat Kaligrafi Arab dengan Aplikasi Android

Djazim- Seni menulis Kaligrafi Arab adalah seni tulis yang sudah berkembang di jazirah Arab sejak zaman dahulu. Tulisan kaligrafi lafal Allah dan ayat-ayat Al Qur'an selalu menjadi seni tulis yang indah dipandang mata dan menyejukkan hati. Anda bisa menemukan tulisan kaligrafi arab di sudut dinding masjid di seluruh penjuru dunia.

Agar pembahasan kita kali ini tidak mengambang, maka kita perlu mempelajari 5 poin penting. Diantaranya adalah:

Daftar isi:

  1. Apa sih kaligrafi arab itu ?
  2. Bagaimana cara membuat kaligrafi arab ?
  3. Membuat kaligrafi Arab online
  4. Membuat kaligrafi di hp android
  5. Aplikasi Pembuat kaligrafi arab

1. Apa sih kaligrafi arab itu ?

Kata kaligrafi berasal dari bahasa Yunani yang berarti "keindahan menulis". Dengan demikian, bisa diambil kesimpulan bahwa kaligrafi adalah seni menulis indah dengan menggunakan pena yang digunakan sebagai hiasan.

Tulisan kaligrafi biasanya lebih berfungsi sebagai hiasan dan tidak untuk dibaca. Sedangkan untuk bisa membacanya terkadang membutuhkan konsentrasi tinggi dan waktu yang relatif lama, hal itu dikarenakan sifatnya yang agak rumit dan membuat mata cepat lelah.

Kaligrafi dalam bentuk tulisan arab mungkin lebih banyak dikenal dikalangan masyarakat, bahkan ketika mendengar istilah "Kaligrafi" pasti akan tertuju ke tulisan arab yang dibentuk dengan indah dan cantik. Akan tetapi, seiring berjalannya waktu, banyak pula penerapan menulis kaligrafi dalam bentuk tulisan latin dan aksara lainnya.

2. Bagaimana cara membuat kaligrafi arab ?


Seiring dengan semakin berkembangnya dunia teknologi, kaligrafi tidak hanya ditulis diatas kertas, kanvas, kulit hewan atau media manual lain. Namun saat ini sudah terdapat banyak sekali seni kaligrafi arab yang bisa kita buat secara online bahkan dengan bantuan aplikasi android. Sehingga Anda bisa menjadikannya sebagai wallpaper di perangkat yang Anda miliki.

Banyak juga website yang menyediakan unduhan wallpaper kaligrafi, tidak hanya wallpaper biasa, namun juga tersedia wallpaper islami dalam bentuk 3D. Selain menjadikan Smartphone kita terlihat cantik, Hal ini juga bisa menjadi wasilah agar kita selalu ingat kepada Allah SWT.

Kalimat yang dibuat kaligrafi selain Ayat-ayat Al Quran biasanya adalah lafal Allah, Bismillahirrahmanirrahim, Alhamdulillah, Assalamualaikum dan masih banyak lagi.

Tulisan khot yang indah bisa kita nikmati dengan sempurna jika kita bisa memahami arti dan bacaan yang terdapat pada kaligrafi tersebut. Selagi kita tahu tentang baca tulis bahasa arab, tentunya hal itu tidaklah sulit, apalagi kita dapat membaca Al-Qur`an dengan baik dan benar. Adapun tulisan kaligrafi yang cukup sulit dibaca adalah tulisan arab pegon atau, bahasa arab gundul atau yang tidak memiliki harakat.

3. Membuat kaligrafi Arab online


Selain dibutuhkan keahlian khusus untuk membuat kaligrafi secara manual, lebih hematnya kita bisa mengambil jalan pintas dengan menggunakan tools online atau aplikasi pembuat kaligrafi.

Selain banyak situs yang menyediakan konten kaligrafi yang siap untuk di download, kita juga bisa membuat kaligrafi arab menggunakan aplikasi, baik lewat desktop ataupun android. Untuk desktop anda bisa menggunakan software KELK, sedangkan untuk aplikasi android banyak tersedia di PlayStore dengan menggunakan Ana muhtariful khot, challigraper, dan aplikasi editing lainnya, seperti PixelLab, PicsArt, Picsay Pro dan masih banyak lagi.

4. Membuat kaligrafi di android


Semakin berkembangnya Smartphone Android, Ponsel pintar ini bisa melakukan apapun yang kita inginkan dengan bantuan developer aplikasi yang semakin kreatif dan inovatif untuk membantu memudahkan kita untuk berkreasi, termasuk membuat kaligrafi islami dengan bermodalkan ponsel android.

Kita bisa berkreasi dengan aplikasi khusus khot arab, bisa juga dengan aplikasi edit foto lain. Kalau kita kreatif pasti bisa membuat karya digital kaligrafi, baik versi standar ataupun 3D dengan berbekal aplikasi editor foto biasa dan file Font arab yang bereksistesi tft. Contohnya dengan menggunakan PixelLab atau Picsay Pro.

5. Aplikasi Pembuat kaligrafi arab


Untuk aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat kaligrafi arab secara langsung, Djazim merekomendasikan 3 aplikasi:
1. Ana Muhtarif Al Khat
2. Calligrapher
3. Photex Basic
Contoh Hasil tulisan kaligrafi arab


1. Ana Muhtarif Al Khat


Aplikasi Ana Muhtarif Al Khat ini dikhususkan untuk menulis kaligrafi Arab. Aplikasi besutan Diwan Software Ltd ini menyediakan berbagai jenis huruf (fonts) Arab seperti halnya jenis khat arabi, seperti Khat Nasakh Mishafi, Khat Thulutsh, Khat Farsi, dan Waseem seperti huruf Ruqa’a atau Khat Riq'ah.

Ana Muhtarif Al Khat juga memungkinkan penggunanya berkreasi dengan seni kaligrafi Arab disertai dengan berbagai tutorial video yang diunggah di channel YouTube khusus. Hasil karya Anda nantinya dapat disimpan dalam bentuk file PNG atau PDF. Aplikasi kaligrafi ini juga bisa untuk membuat nama anda dengan indah.

Untuk mendapatkan aplikasi ini, Anda bisa mengunduhnya di PlayStore dan App Store (pada App Store bernama Ana Khattat) dan kedua aplikasi ini dapat diunduh secara gratis lho Sobat.

2. Calligrapher


Aplikasi yang dikembangkan oleh Mark Tushkevich menyediakan empat model pulpen dan pensil yang memudahkan dalam penulisan gaya kaligrafi, yakni:
1. Simple pen dengan ketebalan garis tetap.
2. Pen dengan ketebalan garis disesuaikan dengan kecepatan gerakan tangan.
3. Thin pencil dengan ketebalan garis disesuaikan dengan arah gerakan tangan.
4. Wide pencil dengan menggunakan garis-garis lebar yang cocok untuk tahap pengisian warna.

Anda juga dapat mengatur warna, ketebalan garis dan transparansi tulisan dengan aplikasi Calligrapher yang canggih ini, namun untuk penggunaannya, Anda juga harus sudah menguasai kaidah-kaidah khot arabic. Aplikasi Calligrapher tersedia di Playstore maupun App Store, serta dapat diunduh secara gratis. Adapun untuk versi pro Calligrapher, anda dapat membelinya dengan harga sekitar Rp26.000.

3. Photex Basic


Photex Basic adalah aplikasi sederhana yang berguna untuk menambahkan teks kaligrafi arab pada gambar ataupun foto. Aplikasi besutan Photex Apps ini didesain dengan tampilan yang menarik dan menyediakan beberapa fitur unik yang tiada duanya.

Kita bisa menulis diatas foto dan gambar yang kita punya dengan font kaligrafi arab dan dibalut dengan bentuk efek tulisan yang cukup apik dan terlihat sederhana.

Bukan hanya fitur itu saja yang tersedia, Photex Basic juga memiliki banyak koleksi font dan stiker yang lengkap, juga tersedia berbagai background yang sangat indah yang bisa Anda download secara langsung didalam aplikasi.

Anda juga bisa membuat postingan gambar di media sosial seperti Ayat Alquran, Hadis Nabi, Surat Cinta, Foto Selfie dan lain sebagainya dengan hiasan kaligrafi arab sesuai keinginan Anda.

Agar lebih praktisnya lagi, kita juga bisa membagikan hasil editan kita ke Sosial media dan layanan messenger hanya dengan menekan tombol Share yang telah disediakan.

Itulah aplikasi untuk membuat kaligrafi islami, baik berupa nama atau kutipan penting dengan tulisan khat arab. Dengan aplikasi tersebut Anda bisa membuat desain sendiri sesuai dengan keinginan Anda. Baik berupa tulisan Allah, Muhammad, Alhamdulillah ataupun Ayat-ayat Al Quran. Cukup sekian yang bisa Djazim sampaikan pada kesempatan kali ini terkait membuat kaligrafi arab lewat android, semoga bermanfaat ya Sobat ! Apabila ada salah-salah kata dari Djazim mohon maaf yang sebesar-besarnya. Jangan lupa sampaikan pendapat Anda di kolom komentar ya !
Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Advertiser