New Terra: Mobil SUV Generasi Terbaru dari Nissan

New Terra: Mobil SUV Generasi Terbaru dari Nissan

New Terra: Mobil SUV Generasi Terbaru dari Nissan

Djazimbersatu- Pasar mobil SUV belakangan ini tampak semakin ramai. Ada beberapa pemain baru di Indonesia. Selain itu angka penjualan mobil SUV juga tampak naik secara signifikan. Tak mengherankan bila merek-merek besar menawarkan SUV terbarunya untuk pasaran Indonesia. Seperti Nissan Motor Indonesia (NMI) yang menghadirkan Nissan Terra.

Mobil ini ditujukan untuk bersaing dengan andalan Mitsubishi, yakni Pajero Sport dan juga Toyota Fortuner. Mobil Terra ini diperkenalkan pada Mei 2018 yang dimulai dari Filipina. Nissan Terra hadir di Indonesia lewat ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) yang berlangsung pertengahan tahun 2018 lalu.

Menariknya, belum genap setahun mobil Nissan Terra tampaknya akan mendapat penyegaran. Pihak NMI memang belum memberikan informasi resmi seputar SUV andalannya ini. Akan tetapi pada Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) nomor 14 tahun 2019, sudah tercantum nama New Terra dengan dua varian E dan VL pada urutan 95 sampai 97.

“Apa itu, namanya juga dahulu New Terra kan,” kata Head of Communication NMI, Hana Maharani.

Jika melihat situs resmi Nissan, pada daftar model Terra ini belum ada kata New. Begitu juga ketika melakukan pencarian dengan kata kunci Terra di mesin pencarian Google. Banderol harga off the road atau di kolom DP PKB (Dasar Pengenaan Pajak Kendaraan Bermotor) untuk New Terra E 2.5 AT mencapai Rp 403,2 juta. Sedangkan tipe VL 2.5 AT mencapai RP 428,4 juta dan VL 2.5 AT yang kemungkinan menjadi varian tertinggi mencapai Rp 542,85 juta.

Walaupun baru diperkenalkan satu tahun yang lalu, tidak menutup kemungkinan versi new atau penyegaran akan dilakukan tahun ini. Tujuannya tidak lain adalah untuk meningkatkan penjualan model.

Selain itu pada Oktober tahun lalu Nissan Terra mendapat tambahan varian baru di Pilippines International Motor Show (PIMMS). Melirik tampilannya, Nissan Terra versi modifikasi ini terlihat lebih menarik dibandingkan versi standar. Nissan menamainya Terra S. Akan tetapi bukan merujuk pada kata Sport, melainkan Special Edition.

Nissan Terra sendiri dikirimkan ke diler sebanyak 231 unit pada kuartal I 2018. Tipe yang paling banyak dikirim adalah Nissan Terra VL matik.

Melirik spesifikasinya, Nissan Terra memiliki mesin diesel YD25 DDTi berkapasitas 2.488 cc 4 silinder DOHC dengan peranti turbocharger (VGS). Mesin ini diklaim dapat mengeluarkan tenaga sebesar 190 dk pada putaran 3.600 rpm dengan torsi puncak 450 Nm pada putaran 2.000 rpm. Mobil SUV ini ditawarkan dalam dua versi penggerak, yakni 2WD dan 4WD.

Nissan Terra dilengkapi dengan fitur canggih Nissan Intelligent Mobility. Fungsinya untuk memberikan kenyamanan kepada pengguna. Mobil ini juga diklaim menjadi SUV pertama yang dibekali dengan Intelligent Rear View Mirror. Fitur tersebut berfungsi untuk melihat keluar tanpa halangan lewat monitor LCD.

Nissan juga melengkapinya dengan fitur Blind Spot Warning dan Lane Departure Warning yang bertujuan meningkatkan keselamatan dalam berkendara. Nissan Terra juga memiliki fitur fitur Intelligent Around View Monitor plus teknologi moving object detection. Untuk menunjang kemampuan offroad, Nissan Terra juga memiliki fitur 4WD More Switch yang memungkinkan mobil melibas medan berat.

Pembaruan pada suatu model merupakan hal yang lumrah, bahkan sudah menjadi rutinitas wajib bagi masing-masing merek. Sebab seiring dengan berjalannya waktu masing-masing pemain melakukan pembaruan pada produknya. Di sisi lain selera dan kebutuhan konsumen juga berubah-ubah sehingga produk yang ditawarkan perlu mendapat penyesuaian sejalan dengan keinginan konsumen.

Di sisi lain Nissan Terra tidak sendirian lho, Ada Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport yang tak kalah memikat dengan Nissan New Terra.
Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Advertiser