Jateng Waspada Banjir dan Puting beliung.

Jateng Waspada Banjir dan Puting beliung.

Jateng Waspada Banjir dan Puting beliung.

Jogja dan Jateng Waspada Cuaca Buruk.

Laporan dari BMKG Memprediksi Angin Cempaka terjadi di sekitar pantai selatan Jogja dan Jawa Tengah.

BMKG menyiarkan informasi tentang badai tropis "Cempaka" yang saat ini tanggal 27 November 2017, berputar-putar sekitar 40 km dari pantai selatan Jogja. Badai tersebut malam ini malam selasa sampai 3 hari kedepan akan mendekati wilayah DIY dan Jawa Tengah.


Adapun Dampak dari badai Cempaka tersebut antara lain:


  1. Hujan sedang sampai lebat terus menerus (berhenti hanya sebentar”).
  2. Angin kencang dengan kecepatan 20 sampai 40 Knot (terutama saat badai melintas daerah terdampak). Kecepatan normal 5 Knot.
  3. Gelombang sepanjang pantai selatan akan meninggi, sekitar 2 sampai 4 meter.

Menyikapi hal tersebut diatas, diharapkan masyarakat tenang dan tidak panik. Diharapkan semua masyarakat Waspada pada saat badai tersebut melintas (kemungkinan besar akan terjadi puting beliung). Hindari pohon, bangunan, atau baliho yang mudah tumbang.
Saat ini sudah berdampak di sejumlah daerah, seperti halnya Gunungkidul, yang mana daerah gunung kidul kab Yogyakarta ini belum pernah ada catatan banjir, dikarenakan daerahnya yang pegunungan. Akan tetapi di sejumlah daerah di Gunungkidul saat ini terjadi hujan berkepanjangan dan banjir. Air terjun Sri gethuk pun meluap. Taman Pancuran juga terlalap banjir, dan sekitar semin, semanu, tanjungsari, dll.

Banjir Gunungkidul djazim.blogspot.com

Jalan jalur Cinta banyak genangan air di jalan, perempatan siraman air sungai hampir meluap, genangan air terjadi juga di Utara lapangan karangrejek,jalan masuk rusunawa karangrejek juga terjadi genangan air, bahkan ada beberapa motor macet, yang paling parah jembatan depan terminal lama kurang dari 10 cm akan meluap, juga terjadi genangan air di depan STM negri ledoksari Utara jalan.

Baca juga:

Adanya Siklon Tropis Cempaka di wilayah Perairan sebelah Selatan Jawa Tengah mengakibatkan perubahan pola cuaca disekitar lintasannya. Dampak yang ditimbulkan adanya siklon tropis Cempaka berupa :
  • Potensi Hujan Lebat di Wilayah: Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur.

  • Potensi Angin Kencang di hingga 30 knot: Wilayah Kep. Mentawai, Bengkulu, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DIY Yogyakarta, Laut Jawa, Selat Sunda bagian Utara, Perairan Utara Jawa Timur hingga Kep. Kangean, Laut Sumbawa, Selat Bali hingga Selat Alas, Selat Lombok bagian Selatan dan Perairan Selatan Bali hingga Pulau Sumba.

  • Potensi gelombang Tinggi 2.5 – 6 meter : di Perairan Selatan Jawa Timur , Laut Jawa Bagian Timur, Selat Sunda bagian Selatan, Perairan Selatan Banten hingga Jawa Barat, Samudera Hindia Barat Bengkulu hingga Selatan Jawa Tengah
    Diperkirakan Siklon Tropis Cempaka masih akan bertahan dalam dua hingga tiga hari kedepan. Masyarakat dihimbau agar waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang pohon tumbang dan jalan licin.
Banjir Gunungkidul djazim.blogspot.com

Tetap waspada dan jangan panik, mari kita semua berdoa, agar dihindarkan dari marabahaya dan musibah, selalu ingat pada Alloh SWT, bahwa hanya  Dia lah yang bisa memberikan pertolongan kepada kita semua.

لا حول ولا قوة الا بالله العلي العظيم

Semoga kita semua selalu dalam lindunganNya.
Aamiin Ya Mujiibas Saailiin.
Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Advertiser